Resensi From Bandung With Love

By lianseventeen

Oktober 5, 2009

Category: Uncategorized

Leave a Comment »

Resensi From Bandung With Love

Judul                 : From Bandung With Love

Pengarang         : Dina Mardiana

Penerbit             : Gagas Media

Tahun Penerbit  : Februari  2008

Tebal Buku        :92 halaman

Harga buku         : -

Gadis cantik Dina Mardian penulis novel remaja ini lahir di Tasikmalaya, 11 desember, 24 tahun yang lalu. Saat ini menetap di Bandung, mengisi waktu dengan menulis, menjadi guru privat, dan part time di sebuah perusahaan hand-made crafs. Novel adaptasi From Bandung With Love adalah karya ketiganya, setelah Nais Tu Mit Yu (2006) dan Jomblo narsis (2007). Dina hobi mengkoleksi pernak-pernik dan aksesoris spiderman dan sangat hobi menerima pemberian all-about-spiderman. Dengan senang hati menerima kritikan, saran, serta krluhan via e-mail di spireena_83211@yahoo.com

Siapa sih yang nggak sakit hati diselingkuhin? Kenapa juga para cowok bisa dengan mudahnya pindah ke lain hati dan nggak setia sama pasangan? , Nahhh pernyataan seperti ini lah yang menunjukan kelebihan novel ini karena pada semua kalangan remaja yang takut akan kehilangan pasangannya atau pun diselingkuhin sangat natural sama persis pada perasaan para remaja yang sedang jatuh cinta. Sebagai buktinya telah tertera pada hal  Cuahan hati beberapa pendengar program From Bandung With Love di radio Fortune FM menggelitik penyiarnya, Vega, untuk melakukan sebuah penelitian kecil sebelum mengangkat topik setia dan selingkuh pada siaran berikutnya.

Penelitian kecil terhadap koleganya di kantor advertising, Ryan, memaksa Vega mencemplungkan dirinya sendiri pada dua keadaan tersebut. Menguji kesetiaannya sendiri terhadap Dion, pacarnya — sekaligus membuka sebagian hatinya ke Ryan.

But then Vega has to pick the right one. Sekalipun, segalanya tak kembali seperti sediakala setelah pilihan dijatuhkan. Karena semua kecurigaan punya alasan bahkan buat sesuatu yang belum terjadi.

Jadi, siapa bilang cuma cowok yang bisa nggak setia? Pilihannya ada di kamu kok.

Add to wishlist

Pria seringkali dianggap sebagai pihak yang mengkhianati cinta dengan perselingkuhan. Opini ini terus berkembang tanpa alasan yang kuat. Vega (Marsha Timothy), seorang penyiar radio ingin membuktikan kebenaran opini itu. Sayang, penelitiannya itu malah menjadi bumerang.

Vega, seorang mahasiswi salah satu perguruan tinggi di Bandung mempunyai pekerjaan sampingan sebagai penyiar radio. Sambil berenang minum air, ungkapan seperti ini baik sekali untuk inspirasi ramaja kita agar selalu belajar hidup mandiri yang juga termasuk kelebihan dari novel Dina Mardiana, yang ada pada hal………..  Vega membawakan acara khusus konsultasi cinta, bertajuk “From Bandung With Love”.

Setiap mengangkat sebuah tema untuk siaran, Vega selalu melakukan penelitian terlebih dahulu. Seperti misalnya, untuk siaran pekan depan dia ingin mengangkat tema tentang perselingkuhan yang banyak dilakukan pria. Penelitiannya merujuk kepada teori 10 dari 11 pria itu berselingkuh. Teori ini dia simpulkan berdasarkan pengalaman teman baiknya, Wulan (Andrean Dian) yang pernah diselingkuhin pacar.

Selain sebagai penyiar, Vega juga tergabung dalam sebuah perusahaan periklanan Dolphin, sebagai copy writer. Di Dolphin, Vega berkenalan dengan creative director, Ryan (Kieran Sidhu), pria tampan yang terkenal playboy.

Mulailah Vega mendekati Ryan untuk mencari tahu mengenai teorinya itu, dari sisi si pelaku.

Kedekatan Vega dan Ryan makin hari makin dekat. Ryan berkali-kali menunjukkan ketertarikan kepada Vega. Begitu pula Vega, yang mulai bergetar hatinya karena perlakuan manis Ryan.

Vega sudah memiliki kekasih, Dion (Kevin Richard). Namun, kebaikan dan kesabaran Dion memperlakukan Vega dirasa belum cukup. Vega terus menganggap Dion, kekasih yang dicintainya, tak bisa memperlakukan wanita dengan romantis. Sedangkan Ryan, dia tahu how to treat a lady. Sayang sekali kalau Vega peran utama dalam novel ini harus mengkhianatin peradsaan kekasihnya untuk orang yang tebih rendah kadar kesetiaan pada pasangan hal ini sebagai contoh kita semua agar tidak mudah mengambil keputusan agar kelak tidak menyesal untuk mengakhiri sebuah hubungan dikemudian hari.

Kisah percintaan Vega ini hanya bisa disaksikan dalam film karya Henry Adianto, From Bandung With Love yang rilis 11 Maret 2008.

Kelebihan lain dari Karya novel ketiga Dina Mardiana ini mengangkat tema percintaan yang biasa dan terkesan pasaran karena sudah banyak diangkat menjadi cerita film. Namun, tetap ada unsur menarik yang didapat di film berdurasi 80 menit ini sehingga alur ceritanya lebih menarik.


Salah satu keunikannya yaitu terdapat pada akhir cerita, berupa open ending. Dengan open ending, sang sutradara sengaja memberikan keleluasan bagi penonton, untuk menafsirkan dan memaknai apa yang terjadi pada tokoh di film itu.


Sedangkan mengenai pemilihan Bandung sebagai lokasi cerita, sang sutradara punya jawabannya. Menurut Henry, Bandung adalah sebuah kota eksotis dan impian bagi kaum muda. Bandung dianggap lebih menarik dibandingkan kota lain di Indonesia.
Namun, sayangnya untuk karya novel Dina Mardiana “From Bandung With Love” ini tidak didukung dengan kenyamanan pembaca karena banyak kekurangan seperti kertas yang dipakai mudah sobek dan terlalu buram sehingga kesannya tidak terlalu bagus seperti cerita yang tredapat di dalamnya.
Lega rasanya setelah saya membaca novel Dina mardiana yang bertemakan “Perselingkuhan dan Kesetiiaan” ini karena cerita yang diangakt telah terjadi dalam kehidupan nyata dalam kalangan remaja kita.
Kisah antara dua sejoli dalam novel ini banyak mengajari akan pentingnya setia pada pada pasangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: